Bikin sketsa Blackcat versi 2 berikut transmisi!


Awal bulan februari ini kita buka dengan semangat dan tak lupa berdo’a semoga bulan ini jauh lebih baik dari bulan kemarin. πŸ˜‰

Seperti yang telah saya sampaikan pada artikel terakhir di sini, maka kali ini saya akan memulai bercerita tentang proses pembuatan blackcat versi 2 dengan menggunakan mesin baru yang berkapasitas lebih besar πŸ˜€

Sebelumnya blackcat versi pertama menggunakan mesin pemotong rumput atau brush cutter dengan kapasitas 35cc.

Mesin pemotong rumput ini cukup handal jika dimodifikasi dan dipasang pada sepeda.

Dengan bentuk yang ringkas, ringan dan lucu (?) maka dengan mudah dapat dipasang pada rangka sepeda. (tentu dengan sedikit modifikasi membuat engine mounting)

Dengan power sekitar 1,2kw/6500rpm cukup untuk mengantar kita jalan-jalan santai berboncengan dengan beban kurang dari 100kg. kalau kapasitas bebannya lebih berat… kasihan mesinnya! πŸ˜†

Pada blackcat versi 1, setelah melewati kopling otomatisΒ penerus daya menggunakan rantai starter sepeda motor Honda Bebek Β , untuk selanjutnya diteruskan keroda belakang dengan menggunakan gir dan rantai sepeda motor ukuran 428 πŸ˜‰

Dengan perbandingan gigi yang telah “diperhitungkan” maka sepeda mesin rumput ini sanggup mencapai kecepatan sekitar 40-50km/jam (tergantung kondisi jalan dan yang pasti bobot penunggangnya) :mrgreen:
Nah.. pada rencana saya di tahun 2011 ini maka saya punya ide dan gagasan, bagaimana jika mencari mesin lain yang berkapasitas lebih besar? tentu saja kekuatannya akan menjadi lebih besar dan diharapkan speed yang diraih akan bertambah. Maka seperti pada artikel di sini, maka saya ditemani saudara saya begawan kolor ijo berburu dan membandingkan beberapa mesin yang sekiranya aplicable jika digunakan pada sepeda. Sengaja saya mencari jenis 2T karena dilihat dari sisi harga dan power masih rasional di kantong 😈

Pada awalnya saya tertarik pada jenis mesin 2T yang digunakan pada genset, tapi setelah melihat dan observasi ternyata mesin jenis ini tidak memiliki lubang baut yang bisa dipakai sebagai tempat engine mounting. Akhirnya mencoba mesin lain dan didapatlah mesin Chainsaw alias gergaji mesin.

si kecil yang menjanjikan tenaga menakjubkan! πŸ˜‰

Dengan kapasitas sebesar 45cc dan type karburator mirip motor balap 2T (downdraft) dengan skep kupu-kupu. Power yang dihasilkan sekitar 2kw/8500rpm.

Saat dicoba dinyalakan mesin ini gampang sekali mengail rpm tinggi, karakternya  mirip mesin special engine!! 😯

Jika dibayangkan bagaimana bisa mesin sekecil ini dapat memotong batang pohon yang besar? pasti bahan kruk as danΒ  bandul sehernya jempolan alias gak sembarangan! sehingga tidak ada kecemasan kalau nanti bisa “muntir atau ngolet” karena harus menarik beban sepeda berikut penunggangnyaΒ  πŸ˜‰

Berikut ini dua bagian dari mesin baru yang akan saya gunakan pada blackcat versi 2 :

ini magnet dan coilnya!

dan berikut ini karburator unik-nya! πŸ˜‰

Selanjutnya saya iseng mencoba mendesain sistim transmisi dan rangka untuk proyek saya ini. Dengan pertimbangan tenaga yang lebih besar, maka saya akan menggunakan belt dan pulley (mirip mesin penggiling beras dan padi) pada penerus daya dari mesin ke kopling otomatis. :mrgreen:

Gambarnya kira-kira seperti gambar disamping ini.

Selanjutnya saya akan menampilkan sketsa kasar rangka dan sistim transmisi blackcat versi2 saya. Mohon jangan ditertawakan karena memang saya bukan ahli desain mesin dan rangka. (modal nekat aja) πŸ˜†

Do’akan saja semoga proyek ini dapat terlaksana dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan!

Mari kita bersama-sama mewujudkan mimpi dan mengembangkan kreatifitas positif yang dapat bermanfaat bagi diri kita dan juga orang lain, karena hidup ini terlalu berharga untuk di sia-siakan! πŸ˜‰

Iklan

78 tanggapan untuk “Bikin sketsa Blackcat versi 2 berikut transmisi!”

  1. kira-kira kalo harga mesin seperti itu yang rondo kempling kisaran berapa ya? sekedar tanya πŸ™‚

  2. wah.. i smell racing nih..n i smell racun hahaha..racuuuun..racun..tolooong ane keracunaaaan..
    lihat aja nanti…

    1. kalo ditambah dorong bisa sampai 100 km mas bro! πŸ˜† :mrgreen:
      (bercanda)
      sebenarnya konsumsi BBM saya belum pernah ngukur, yang pasti lebih irit daripada Yamaha V75 πŸ˜‰

      1. setelah makE sepeda mesin saya memang ada beberapa bagiYan yang perlu dimodip lagi, terutama masalah kestabilanya … kalo masalah lari nya untuk nyalip bus malem yang lagi parkir sih enteng πŸ™‚ cuman geyal-geyolnya sering menciutkan nyali untuk betot gas lebih kencang πŸ˜†

    1. Harga bervariasi mas, rata-rata buatan china antara 600-1300 tergantung kualitas. Pasang di sepeda roda 4 kuat mas, asal perbandingan transmisi yang digunakan sesuai.

  3. waa asyik juga sepeda mesin salam kenal semuanya,kalau masalah mesin bekas ,gigi untuk memadukan transmisi dipasar loak surabaya banyak .ngomong2 bengkelnya perakit sepeda ini dimana bos saya tertarik

  4. saya ada sepeda bermesin pemotong rumput, tapi kenapa gak bisa jalan ???
    tolong beri saya solusi, atau apa saja yang perlu ditambahkan
    trims. πŸ™‚

  5. Total biaya habiss berapa gan . Aku punya sepeda gak kepake , mau aku bikin kaya gitu daripada mubazir gak kepakai

    1. Bebas saja mas.. Yang penting nanti bisa dipasang dirangka sepeda dengan pas. Kuncinya di pembuatan engine mounting dan adaptor koplingnya. Semoga sukses πŸ˜€

  6. qw ada mesin yg versi2 tp kok membranX g ada ya..
    ato memang g pake membran?
    #maklum beli d besi tua…..

  7. mas bro saya roy dari bandung saya punya rencanan bikin sepeda trike drift pake mesin honda GX160 cuma bingung masalah koplingnya…mohon pencerahan kopling pas cocok buat mesin itu pake apa?

    1. wah, kalau mesin model Honda GX160 itu tenaganya gede mas. Kalau mau dikasih kopling setahu saya gak ada yang cocok karena selain tenaganya besar posisinya juga tidak memungkinkan. Kecuali dengan mekanisme kopling dan girbox terpisah seperti motor lawas. Penggunaan mesin GX160 sebagai penggerak alat transportasi kebanyakan menggunakan bantuan belt seperti halnya becak bermesin yang banyak terdapat di Kediri. Mekanismenya mirip belt traktor tangan, saat akselerasi dan berjalan posisi belt di tegang-kan dan saat deselerasi dan pengereman belt dikendorkan. caranya dengan menggunakan tuas ber- roller, seperti gambar ini (klik biar besar) :

      semoga bisa membantu πŸ˜€

  8. sangat mengesankan dan membuat saya ter inspirasi,saya pengen bngt buat krna speda ontel saya ada banyak,tp sayang nya saya sama sekali gk pernah belajar/praktek di bidang mesin 😭
    jadi cuma bisa sebatas mimpi πŸ˜₯

    1. mesin bisa pakai mesin potong rumput mas, yang penting didekat mas ada tukang las yang mahir untuk menempatkan posisinya di rangka sepeda. πŸ˜€

  9. terus kalo soal gas motornya bagaimana toh mas toh mas? mohon penjelasannya juga, soalnya masih awam mas

  10. sama maksud pertanyaan saya yang sebelumnya itu bahan bahan sampai sepedanya jadi mas, bukan mesinnya aja. tapi terima kasih mas sarannya (y).

    1. ya nggak harus, bisa juga pake belt. cuma karena bahan mudah didapat dan juga perbandingan gigi-nya ringan untuk menyalurkan tenaga dari mesin akhirnya pakai gir starter. cara kerja silahkan lihat di artikel selanjutnya. πŸ˜€

  11. kl pakai mesin genset sistem koplingnya bagaimana mas.soalnya rencana saya mau pakai mesin genset.untuk lobang baut dan engin mounting dah dibikin.mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.