moped autocycle ABC


Buka lagi arsip-arsip motor jadoel :mrgreen:

Kali ini kita menuju tanah Inggris, dimana dalam sejarah juga tercatat sebagai salah satu negara awal kebangkitan kendaraan bermotor roda dua.

Bulan Maret 1947, The Aberdale Cycle Co Ltd. yang beralamatkan di Bridport Road, Edmonton, N18 London memperkenalkan sepeda bermotor (moped) buatannya.

Bentuk moped Aberdale ini khas dari tipikal moped yang diproduksi pada periode itu dengan menggunakan mesin buatan Villiers Junior de luxe. Mesin ini berkapasitas 98cc yang terletak dibawah rangka tubular sederhana dengan type dropped top tube tanpa menggunakan suspensi belakang. Untuk bagian depan menggunakan garpu depan bertype basic blade girder. Kedua rodanya berukuran 26×1¾ dan menggunakan rem teromol. Sepeda bermesin ini dapat mencapai kecepatan 48 Km/jam dengan konsumsi bahan bakar

Tangki bahan bakar dapat menampung hampir 6 liter bensin campur dan dipasang pada ruang diantara dua frame. Dibawah tangki terdapat panel cover mesin yang dapat dilepas yang juga berfungsi sebagai pelindung kaki dari rantai dan gir.

Kalau dilepas kelihatan seperti ini :

Sangat sulit menemukan Aberdale Autocycle yang masih dalam kondisi utuh. Dari data yang ada sampai akhir tahun 1948 sebanyak 2000 unit Aberdale Autocycle yang dibuat.

Pada tahun 1949, Aberdale Autocycle ini telah dibeli oleh William A R Bown dengan perusahaannya the Bown company dan memproduksi moped dengan basis Aberdale yang telah diupgrade mesinnya  menggunakan mesin baru Villiers 2 F dengan posisi cylinder lebih tegak dan menggunakan rangka baru twin front downtube chassis.

Untuk moped Brown ini masih ada yang lengkap hasil restorasi 😀

monggo dilihat gambarnya:

Demikian sedikit cerita tentang Aberdale Autocycle dan penerusnya Brown. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

Tetap jaga persatuan, kesatuan dan mempererat jalinan persaudaraan!! karena itu modal kita menjadi bangsa yang besar!

Iklan

13 pemikiran pada “moped autocycle ABC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s