Yale 4P 1901, Belt-Drive Single


Kilas balik tentang motor lawas 😀

Kali ini kita akan membahas produk sepeda motor dari Amerika dengan nama Yale 4P.

Yale Sepeda Motor, pada awalnya dikenal dengan nama “California” dibuat oleh The California Motor Company dari San Francisco sekitar tahun 1901. Sepeda Motor ini memiliki spesifikasi 473cc – single cylinder.

Yale diproduksi dengan warna abu-abu elegan dengan diberi aksentuasi chroom nickel pada beberapa bagiannya. Silinder mesin bersirip yang khas mesin-mesin pada jamannya terletak dibawah rangka atas yang memuat tangki bahan bakar. Sedangkan tabung yang berisi “acetylene” (karbit) digunakan sebagai sumber tenaga lampu penerangan terletak diatas kemudi yang lumayan lebar untuk ukuran kita :mrgreen:

Untuk menghidupkan mesin ini perlu dilakukan sedikit perjuangan, karena harus diposisikan pada posisi standar tengah terlebih dahulu, baru kemudian mengayuh pedal untuk menggerakkan roda belakang yang kemudian memutar mesin… dan akhirnya brrumm…!!!

Yale 4P ini dibekali Mesin dengan kemampuan tenaga sebesar 4 HP, sanggup menjalankan sepeda motor ini sampai dengan kecepatan 45 miles per hour.

Yale merupakan salah satu Perusahaan sepeda motor yang tersukses dimasanya dengan didukung dengan kapitalisasi modal yang baik dibandingkan perusahaan lain. sehingga Pabrik dapat terus memproduksi motor single cylinder dan mengembangkannya menjadi V-Twin. Produksi sepeda motor Yale ini berhenti pada tahun 1915 karena berubah peruntukkannya untuk pengadaan alat-alat perang yang sangat dibutuhkan pada waktu itu, duh!! eman-eman banget ya!

Demikian sekilas sejarah sepeda motor Yale type 4P, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Jaga Persatuan, kesatuan dan persaudaraan! Karena itu modal kita menjadi bangsa yang besar!

Iklan

11 tanggapan untuk “Yale 4P 1901, Belt-Drive Single”

  1. Usul mas …. ! gimana kalo membedah motor2 berbentuk sepeda / moped, seperti mobbyletee, Zundapp kopling , Ducati cucciolo , DKW dan tentune Lambrettino….

  2. Usul mas …. ! gimana kalo membedah motor2 berbentuk sepeda / moped, seperti mobbyletee, Zundapp kopling , Ducati cucciolo , DKW dan tentune Lambrettino….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.