About these ads

fast response, salah satu hal penting yang dibutuhkan konsumen. (Update)


Berawal dari perasaan yang tidak tenang akibat suara aneh dari mesin Yamaha Soul GT saya, maka saya tanggal 2 Juli 2012 segera kirim email ke Yamaha Pusat ( contact_center@yamaha-motor.co.id ) berkaitan dengan keluhan saya tersebut.

Keluhan saya tersebut berupa suara treekkk yang berulang mengikuti putaran mesin setelah posisi sepeda motor berjalan 40-50Km/jam dan saat menambah akselerasi di kecepatan tersebut. Pada Service gratis pertama saya sudah menyampaikan hal tersebut dengan dugaan bahwa setelan klep terlalu longgar. tapi di bilang sang mekanik bahwa semua sensor eletronik menunjukkan kondisi mesin baik dan tidak perlu stel klep. :sad:

Tapi pikiran saya gak tenaanggg!!! apalagi setelah saya cermati suara tersebut berasal dari bagian tengah mesin, takutnya nanti menjadi masalah besar :sad:
akhirnya saya memutuskan kirim email ke Yamaha Pusat untuk memastikan masalah tersebut.

Selanjutnya Rabu tanggal 4 Juli 2012 sudah ada email balasan dari Admin bahwa keluhan saya sudah diterima dan diberikan beberapa analisa dan beberapa kemungkinan yang terjadi pada GT saya. Dan juga saya langsung diminta menyampaikan jadwal rencana datang ke Bengkel resmi Yamaha yang berstatus ACS (Authorized Claim Shop)  Jogja untuk bertemu dengan Bapak Anum selaku Service Advisor. Dan ternyata Jum’at siang saya sudah di telpon oleh Yamaha ACS jogja tentang masalah ini. Salut!!! :wink:

Hari Sabtu ini sesuai jadwal saya langsung meluncur ke Bengkel resmi Yamaha ACS (Authorized Claim Shop) untuk bertemu bapak Anum, ternyata beliau sedang ke Dealer di Mangkubumi. dan saya ditemui oleh mas Dwi. Setelah menyampaikan keluhan dan kemudian di test ride oleh mas Dwi ternyata memang benar bahwa pada Soul GT saya ada suara yang tidak biasa, dan untuk memastikan sumber suara tersebut pihak ACS Jogja harus melakukan analisa secara lebih mendalam, konsultasi dan melaporkannya ke pusat (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing).

Akhirnya Soul GT saya nginap… :sad:

Saya dijanjikan akan segera di beri kabar hasil analisa keluhan saya tersebut. dan mudah-mudahan semua segera beres. saya hanya ingin mesin Soul GT saya halus normal seperti mio series injeksi Yamaha yang lain.

Sebagai seorang konsumen saya menilai bahwa tindakan dari Yamaha untuk segera merespon keluhan adalah sangat bagus dan cepat. dari sisi psikologis membantu meyakinkan konsumen tentang layanan purna jual dari pabrikan yang bersangkutan.

bagaimana perkembangan Soul GT saya ke depan? kita tunggu bersama perkembangannya…. :mrgreen:

Setiap produsen (ATPM) pasti telah melakukan QC yang ketat pada ribuan produknya, jika terjadi satu hal yang seperti saya alami itu adalah sebuah kewajaran,  yang terpenting dari itu semua adalah tanggungjawab dari produsen dengan sosialisasi yang benar tentang tata cara dan proses claim yang tepat agar konsumen merasa tenang serta nyaman membeli/menggunakan produknya

 

Update :
pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2012, saya di telpon dari Yamaha ACS bahwa untuk kasus motor saya diperlukan analisa lebih jauh dengan membuat rekaman suara mesin dan menganalisanya ke Yamaha ACS Semarang. Dan disampaikan juga ke saya bahwa proses analisa suara ini memerlukan waktu yang agak lama untuk diambil kesimpulan penyebabnya. untuk itu jika motor mau saya ambil terlebih dahulu dipersilahkan. :shock:
Hwaduh…. nggak lah! saya takutnya nanti malah jadi tambah berisik!!! saya pengennya mesin motor saya itu bersuara normal seperti mio-J series dan GT yang lain. jadi biar saja nginep lagi di Yamaha ACS biar cepat ditindaklanjuti. :mrgreen:

About these ads

About Irawan

pengguna jalan yang suka berbagi pengalaman, cerita dan informasi yang mungkin berguna dan bermanfaat bagi semua.

Posted on 07/07/2012, in Campur Baur, Yamaha and tagged , , . Bookmark the permalink. 36 Comments.

  1. no komeng,,apalagi h??????

  2. 3s yg mantab. Salut salut salut…

  3. wah keren nih yamaha

  4. fresh and fresh

    Ini dia yang kuharapkan dari semua ATPM yang ada di Indonesia..

  5. That’s Yamaha
    n Only Yamaha Can Touch u’r Heart! :mrgreen:

    #911

  6. Wah, motor baru. Salam kenal kang Irawan :D

  7. salut sama perusahaan yang bisa memanfaatkan sistem informasinya secara optimal untuk menjaga kepuasan konsumen.. :D

    • benar mas elsa, saat seperti sekarang pemanfaatan TI dalam pelayanan merupakan salah satu nilai plus yang harus diperhatikan oleh semua produsen dalam melayani konsumen. :D

  8. saya pemakai honda, tp saya salut sama respon pihak yamaha.. gak sekedar saran atau janji… :D

  9. Memang di akui fast response yamaha pusat apabila kita email begitu cepat.
    Pernah ngalami saat kilometer vixion berembun dgn kondisi pemakaian blm 6000 km.
    Akhir nya dpt pergantian kilometer baru setelah di analisa oleh mekanik Bengkel resmi Yamaha yang berstatus ACS (Authorized Claim Shop)

  10. suaranya keras gak bro? karena kalau punya saya pas kecepatan sekitar 60 km/jam ada getaran trrt…trrt… (periode getaran sekitar 1 detik) kata mekaniknya sih emang gitu saat perpindahan puli besar-kecil, terasa di kaki, tapi gak ada suara aneh sih…

    • kalau GT saya jelas suara dari mesin mas, bukan bagian CVT. coba sampeyan amati lagi sumber suara tersebut. jika ragu langsung aja datang ke Yamaha ACS untuk di check lebih lanjut noise tersebut. apakah termasuk wajar/normal atau memang ada yang nggak beres. :D

  11. hmmm…suara yang bagaimana sih?….andai suaranya direkam trus dibagi di blog ini…saya juga punya motor soul km baru 1100-an…karena saya kurang mengerti mesin, selama gak aneh-aneh sih dibiarin aja…cuman untuk akselerasi dari 40 ke 60 dengan gas diurut kok terasa lambatya? apa ini karena power soul diturunin dari mio sebelumnya…saya sudah menanyakan hal ini di blognya pakyo namun belum dibalas juga…mungkin mas bisa menjawab…terima kasih atas artikelnya…saya akan email yamaha untuk mengetahui bengkel acs di kota bogor..

    • memang terasa beda tarikan antara Mio-J dan Soul GT mas, saya merasakan akselerasinya enteng di Mio-J. tapi sebenarnya pengaturan campuran udara dan bahan bakar bisa di set saat services. konsekuensinya dengan tarikan enteng BBM juga akan lebih boros :D

  12. Ada yg janggal, di foto pertama pelek depan sama belkang kok beda warna ya? sedangkan di foto ke 2 udh sama warna ny. hahahaha

  13. Saya jg mengalami….saat mulai di kecepatan 40 km/ jam, mulai terdengar suara trererek. Soul GT baru warna hitam, beli tgl 05/10/12 lalu. Tp krn blm keluar no polisi,jd blm dibawa ke beres Yamaha. Rencananya nanti sekalian servis pertama. Kira2 apa yg menjadi masalah ya? Mohon sharing yg pernah mengalami sekalian solusinya. Biar hati tenang saat berkendara….trims.

    • claim aja ke YACS, disana diobservasi lebih detail mas.

      • kenyataan gak jg ,gue jg poonya soul 2013 blum ada 1 bulan ,dlm mesin bunyi klek 2 kalo digas pelnian dah kedengeran ,dah servis gratis 1 .dah tanyain ke beres yamaha kata mekanik gak pa2 ,gmn tuch mekanik motor bunyi kayak gini dibilang gpp,servis ok komplain no & kl dipikir2 mending servis dibengkel umum aj bisa diajak konsultasi enak!

      • Jawaban dari Dealer semua Yamaha sama saja, memang kagak kenapa2 untuk suara tersebut. soalnya semua soul gt bunyinya begitu, mio j juga…..kagak tahu ane. email contact center yamaha sama saja jawabannya,….

  14. bagaimana hasil setelah itu mas ?

  15. Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
    Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
    Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
    Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
    Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
    Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
    Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
    Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
    Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
    Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
    Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

  16. jiaaah Yamaha… mulai menurun kualitasnya

  17. ludy iqbal septian

    Ane juga sama seperti agan pemilik mio soul gt, mio j ane sama masalahnya seperti mio soul gt . Greg greg’an nya ga ilang ilang, mau ngajuin komplain kemana yah?

  1. Pingback: keluhan CVT yamaha soul GT di surat pembaca | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 859 other followers

%d bloggers like this: